Visi Misi SMA Negeri 3 Tanah Abang


 

VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH


 

visi Misi Sma Negeri 3 Tanah Abang PALI



A.    Visi Sekolah

Menjadi sekolah yang unggul prestasi dalam berbagai bidang dengan dilandasi IMTAQ, yang  berorientasi pada akhlak dan kepribadian peserta didik yang mulia, peduli lingkungan  serta menjadi sekolah yang menghasilkan Peserta didik berkompeten dan mandiri.

B.     Misi Sekolah

Untuk mencapai VISI tersebut, SMA Negeri 3 Tanah Abang mengembangkan misi sebagai berikut:

1.      Mengimplementasikan ajaran agama dalam keseharian di sekolah

2.      Menciptakan kehidupan sekolah yang berbudaya religius dan bermartabat

3.      Melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan yang efektif dan efisien yang memungkinkan siswa dapat berkembang secara optimal.

4.      Memfasilitasi siswa dalam mengembangkan diri sehingga berprestasi dengan dilandasi iman dan taqwa

5.      Menumbuhkan pola pikir dan mengimplementasikan tindakan yang mencerminkan nilai – nilai budaya, karakter bangsa, Kepribadian yang baik, dan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari.

6.      Melaksanakan pendidikan kecakapan hidup guna menciptakan insan yang religius, mandiri, kreatif, dan kompetitif.

7.      Mememenuhi Standar Kompetensi Lulusan sesuai standar nasional

8.      Memenuhi standar kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan hidup siswa pada konteks global.

9.      Memenuhi standar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2013 yang sesuai dengan kebutuhan siswa mengembangkan kompetensi yang diperlukannya.

10.   Mengembangkan pembelajaran a ktif, mandiri, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

11.   Memberdayakan sistem penilaian autentik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

12.   Menerapkan manajemen perubahan sebagai strategi percepatan pembaharuan sekolah.

13.   Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan melalui peningkatan keprofesian berkelanjutan.

14.  Memenuhi standar sarana dan prasarana secara bertahap dan terukur.

15.   Menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

16.   Memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung keunggulan pembelajaran.

17.    Melaksanakan pembelajaran yang efektif

18.    Memberikan pelajaran  tambahan bagi siswa kelas XII

19.    Perekrutan pelatih profesional untuk kegiatan ekstra kurikuler

20.    Menertibkan pengelolaan administrasi sekolah

21.    Menumbuhkan  kesadaran  lingkungan wiyata mandala

22.   Menjadi juara dalam lomba bidang sains tingkat kabupaten.

23.  Menjadi juara dalam lomba ektrakurikuler tingkat kabupaten.

24.   Mengembangkan kultur sekolah yang menjaga keamanan fisik, psikologis, social yang sehat, dinamis, dan kompetitif.

25.   Menciptakan lingkungan dan budaya yang kondusif untuk indah, nyaman, dan damai sebagai tempat belajar untuk guru, siswa, dan seluruh warga sekolah.

26.   Menerapkan sistem pembiayaan sekolah yang transparan dan akuntabel.

 

C.    Tujuan Sekolah

Tujuan Umum

Meningkatkan keunggulan  potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang peduli serta bertanggung jawab.

 

Tujuan Khusus

1)      Mewujudkan Mutu Warga Sekolah dan Lulusan

·            Bersikap sebagai orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

·            Berpengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sebagai dukungan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.

·            Berketerampilan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret 

·         Meningkatkan  Kedisiplinan warga sekolah baik siswa, guru dan Karyawan ( Kehadiran Minimal  95 %)

·         Ketuntasan belajar siswa  mencapai 75 %

·         Meningkatkan perolehan Nilai Ujian Sekolah (Nilai Rata-rata Ujian Satuan Pendidikan  Minimal 6,00)

·         Meningkatkan jumlah  peserta didik yang diterima diperguruan tinggi  negeri (minimal 25 %)

·         Dapat menjuarai lomba olah raga di tingkat  kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

·         Dapat menjuarai lomba kesenian di tingkat  kecamatan, kabupaten maupun provinsi.

·         Meningkatkan kegiatan Ektrakurikuler

·         Meningkatkan sarana dan prasarana sekolah terutama pagar sekolah

·         75 % peserta didik  yang beragama Islam dapat membaca Alqur’an dengan baik dan benar

 

2)       Merumuskan struktur kurikulum

Menyusun struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan memuat kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan); materi pelajaran yang perlu siswa kuasai; penyebaran peta beban belajar siswa yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan potensi diri dan prestasi secara optimal secara alamiah melalui proses pengalaman belajar yang efektif.

 

3)      Penyelenggaraan Pelayanan Belajar

Terselenggara pelayanan belajar yang efektif dengan dukungan sistem perencanaan, pelaksanaan  pembelajaran, dan penilaian yang terbarukan melalui kerja sama guru yang pembelajaran  dengan indikator

·         Seluruh guru menyusun Silabus dan RPP yang memenuhi kebutuhan siswa mengembangkan potensi dan prestasinya.

·         Disain pembelajaran pada seluruh mata pelajaran sesuai konteks satuan pendidikan

·         Memenuhi standar proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (menerapkan metode inkuiri, pemecahan masalah, dan proyek)

·         Mendayagunakan sumber belajar yang beragam dengan memanfaatkan data yang terdekat, dari kongkrit sampai yang abstrak.

·         Mendayagunakakan kerja sama intenal dan eksternal sekolah dengan melibatkan orang tua siswa secara bijak.

·         Mengembangkan model penilaian yang mendorong siswa belajar dan bekompeten.

·         Mengoptimalkan pendayagunaan waktu secara efektif dan efisien.

·         Meningkatkan keunggulan siswa secara kolaboratif.

·         Mengevaluasi perkembangan belajar secara berkala melalui pertemuan dewan guru.

·         Mengembangkan inovasi pelayanan belajar sebagai tindaklanjut dari data hasil evaluasi.

 

4)      Penilaian

Terselenggara penilaian autentik yang menunjang terpenuhinya tertib dokumen sistem informasi penilaian dan mendorong siswa berprestasi dengan meningkatkan efektivitas (a) perbaikan instrument yang mengukur ketercapaian indikator hasil belajar (b) pengelolaan buku nilai guru (c) pengelolaan sistem infomasi penilaian tingkat satuan pendidikan (d) leger (f) buku induk siswa, dan (g) rapot.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar